Dinilai Baik, Kemenag Diundang Ikut Pameran Pelayanan Publik Berbasis Data

By Admin

nusakini.com-- Kementerian Agama menjadi satu dari dua kementerian yang diundang Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN&RB) untuk mengikuti Pameran Pelayanan Publik Berbasis Layanan Data. Selain Kemenag, KemenPAN&RB hanya mengundang Kementerian Keuangan bersama sejumlah Pemerintah Daerah dan lembaga pelayan informasi publik. 

"Kementerian Agama kami undang khusus karena selama beberapa tahun terakhir mampu menyelenggarakan haji dengan sangat baik," kata Panitia Penyelenggara Rosikin di arena pameran, Jakarta, Rabu (22/3). 

"Kami juga menilai Kemenag mengalami perkembangan yang signifikan dalam pelayanan publik berbasis data melalui website dan kanal informasi haji," tambahnya. 

Kasubag Pengembangan Database Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nurhanuddin mengungkapkan, Kementerian Agama terus mengembangkan layanan publik berbasis data di Sistem Konputerisasi Haji Terpadu (Siskohat). 

"Sejak berdirinya Siskohat pada tahun 1995 sampai sekarang, sudah banyak kemajuan layanan publik berbasis data pada Ditjen PHU. Tahun 2009 kita gunakan aplikasi KKO (Kantor Kemenag Online) dan mulai 2014 sudah mulai implementasi Siskohat Gen2," ujar Nurhanudin. 

Saat ini, lanjut Nurhanuddin, akses informasi masyarakat terkait haji semakin mudah. Ada banyak informasi yang sudah tersaji melalui website: haji.kemenag.go.id, antara lain: waitinglist, estimasi keberangkatan haji, data Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) resmi, data Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) resmi, serta nominasi jemaah haji berhak melunasi BPIH. 

"Kita mendorong masyarakat untuk selalu update informasi haji dan data yang mereka butuhkan melalu kanal resmi informasi haji baik melalui website, Facebook, tweeter, dan youtube," tambah Nurhanudin. 

Melalui kegiatan pameran seperti ini, Nurhanudin berharap akan lebih mendekatkan Kementerian Agama sebagai penyelenggara haji kepada masyarakat. Pameran yang dilaksanakan oleh Kemenpan-RB ini dilaksanakan bersamaan dengan seminar ini akan berlangsung hingga sore. (p/ab)